CARA KERJA DIODA ZENER

dioda zener

Dioda zener adalah satu dari sekian banyak alat elektronik yg berfungsi sebagai pendukung rangkaian elektronik yg hendak kita jieun...
Untuk karakter si om zener ini adalah dioda yang bisa mengalirkan arus yang tidak hanya maju mun teu salah maju itu bahasa inggris na (forward)
beda seperti dioda pada umumna...
om zener ini adalah dioda yg bisa mengalirkan arus REVERSE (arus balik)

CARA KERJA DIODA ZENER PARAREL

Gambar Rangkaian zener pararel


Pada rangkaian diatas, dioda zener dipasang secara paralel  jalur masukan tegangan DC. Besarnya tegangan output (Vout) pada gambar di luhur adalah sebesar tegangan dioda zener, misalnya tegangan om zener 5V6 maka tegangan outputnya akan sebesar 5.6V bae.
nah disini lah kelebihan dioda zener di banding dengan dioda anu biasa.

Kemudian untuk mengetahui cara kerja om zener,kita tinggal mencoba/ngajajal ubah-ubah nilai tegangan input misal kita naikkan jadi 12V atau kita turunkan jadi 8V. Jika dioda zener berfungsi dengan baik maka besarnya tegangan output akan selalu tetap sebesar 5.6V (tidak akan berubah nilai teg nya) meskipun besarnya tegangan input berubah-ubah.Kesimpulannya besar tegangan output pada rangkaian diatas sama dengan besar tegangan dioda zener,boa kitu geh.



CARA KERJA DIODA ZENER SERI


gambar rangkaian zener seri


Pada rangkaian di atas,om zener dipasang secara seri terhadap jalur masukan tegangan DC. Besarnya tegangan output (Vout) pada gambar diatas adalah tegangan input dikurangi tegangan om zener,(misalnya digunakan dioda zener 5V6 dan tegangan input misalnya 10V maka tegangan outputnya akan sebesar 4.4V.)
Kemudian untuk mengetahui kerja dioda zener,kita akan ubah-ubah nilai tegangan input misal kita naikkan jadi 12V atau kita turunkan jadi 7V.Jika dioda zener berfungsi dengan baik maka besarnya tegangan output juga akan naik turun sesuai tegangan input.hal ini terjadi karena besarnya tegangan pada om zener selalu tetap.
Kesimpulannya kie yeuh.besar tegangan output pada gambar diatas sama dengan besar tegangan input dikurangi tegangan om zener,sugan kaharti nya.

CARA KERJA DIODA ZENER CARA KERJA DIODA ZENER Reviewed by Unknown on Friday, December 04, 2015 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.